Kamis, 05 April 2012

MENGENA;L VISUAL BASIC

salah satu bahasa pemrograman yang di gunakan dalam membuat aplikasi berbasis desktop adalah Visual Basic,yang menggunakan bahasa dasar Basic.Microsoft Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang di gunakan untuk membuat aplikasi Windows yang berbasis GUI (Graphical User Interface). Visual Basic menggunakan konsep event-driven programming,yang artinya program menunggu  sampai adanya  respon dari user sebuah event/kejadian tertentu (tombol di kilik, menu dipilih, dan sebagainya). Ketika event terdeteksi ,event yang berhubungan akan melakukan aksi sesuai dengan kode yang di berikan.

Jendela Kerja Visual Basic


Jendela kerja pada Visual Basic 6.0 terbagi menjadi beberapa bagian jendela spesifik yang berguna untuk mempermudah dalam membuat aplikasi .
Bagian-bagiannya,antara lain :
  • Menu Bar : File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Window, Help.
  • Toolbar : Add Form, Menu Editor, Open Project, Save Project, Start, Project Explorer, Properties Window, From Layout Window, Object Browser, Toolbox.
 - Toolbox berisi kumpulan kontrol yang di gunakan dalam pemrograman Visual Basic 6.0. Secara default, toolbox ini berisi satu tab General yang berisi 21 kontrol.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar